Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2023, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna ikut serta menciptakan pariwisata dan bisnis perhotelan berkelanjutan, Chatrium Hospitality berkomitmen menerapkan praktik-praktik hotel ramah lingkungan dan mendorong ekonomi sirkular.

Salah satu portofolio mereka yang tengah menjadi perbincangan adalah Chatrium Grand Bangkok Hotels and Residences.

"Kami akan terus memegang komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan untuk menjaga keindahan alam, dan ini memainkan peran penting dalam filosofi perusahaan kami secara keseluruhan," ujar General Manager Chtarium Grand Bangkok Hotels and Residences Daniel Kerr.

Baca juga: Hotel di Asia Tenggara Dinilai Gagal Wujudkan Konsep Green Premium

Daniel meyakini setiap orang yang bergelut di indutri hospitalitas dan juga para tamu mempunyai tanggung jawab yang sama.

Sebagai bagian dari hal ini, Daniel mengungkapkan, seluruh karyawan hotel terus dididik dan dilatih tentang kesadaran lingkungan.

Dengan demikian, Perusahaan dapat menurunkan jejak karbon dan dengan demikian mengurangi dampak lingkungan secara signifikan.

Proyek Keberlanjutan 'Think First Think Earth'

Sebagai komitmen melestarikan lingkungan, Chatrium Hospitality, menjalankan program ‘Think First Think Earth’ yang mencakup serangkaian program ramah lingkungan yang didedikasikan untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.

General Manager Chatrium Grand Bangkok Hotels and Residences Daniel KerrKOMPAS.com/Hilda B Alexander General Manager Chatrium Grand Bangkok Hotels and Residences Daniel Kerr
Tujuannya adalah memastikan bahwa inisiatif lingkungan Perusahaan memberikan pengalaman tamu yang sempurna sekaligus memastikan kontribusi yang signifikan kepada masyarakat tempat mereka beroperasi.

"Inisiatif utama ‘Think First Think Earth’ yang saat ini kami jalani mencakup sejumlah hal. Terutama kemitraan dengan komunitas dalam hal pengelolaan sampah," jelas Daniel.

Baca juga: Djarum Foundation Luncurkan Serial Web Pusaka, Ajak Pemuda Jaga Lingkungan

Kemitraan tersebut dilakukan dengan menggandeng Corsair. Perusahaan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mengumpulkan sisa sampah plastik dari properti yang mereka miliki untuk mengubahnya menjadi bio-oil canggih yang dapat digunakan untuk menciptakan produk ramah lingkungan.

Mereka juga berpartisipasi dalam program pencegahan limbah makanan dengan SOS Thailand, ikut dalam kampanye Dana Pemulihan Thailand dengan socialgiver.

Kemudian menerapkan kebijakan pengelolaan air dan konservasi energi dengan terus memantau penggunaan energi untuk meminimalkan konsumsi sedapat mungkin, seperti penggunaan pancuran beraliran rendah.

Savio at Chatrium Grand Bangkok Hotels and ResidencesChatrium Hospitality Savio at Chatrium Grand Bangkok Hotels and Residences
Sebuah proyek masa depan juga tengah disiapkan, yakni berupa energi surya yang akan dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif.

Selanjutnya, program pertukaran panas untuk menggunakan kembali energi dari sistem pendingin udara.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com