Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membiarkan Hutan Tumbuh Cegah Lepasnya 226 Miliar Ton Karbon ke Atmosfer

Kompas.com - 21/11/2023, 14:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Konservasi hutan dapat berkontribusi besar untuk dalam melawan krisis iklim selama emisi gas rumah kaca (GRK) juga dipangkas.

Dengan menjaga hutan tumbuh menjadi ekosistem tua dan memulihkan kawasan yang terdegradasi, 226 miliar metrik ton karbon dapat diserap dan mencegahnya lepas ke atmosfer.

Temuan tersebut muncul dari penelitian terbaru berjudul “Integrated global assessment of the natural forest carbon potential” yang diterbitkan di Jurnal Nature pada Senin (13/11/2023) pekan lalu.

Baca juga: 2 Kunci Melawan Perubahan Iklim: Restorasi Hutan dan Pangkas Emisi

Jumlah karbon yang diserap tersebut setara dengan emisi yang dikeluarkan Amerika Serikat (AS) selama hampir 50 tahun, sebagaimana dilansir The Guardian.

Akan tetapi, jika penanaman pohon di hutan dilakukan dengan monokultur secara massal, potensinya untuk menyerap karbon tidak akan maksimal.

Di satu sisi, manusia terus menebangi sekitar separuh hutan di Bumi dan terus melakukan penghancuran di beberapa lokasi seperti hutan hujan Amazon dan lembah Kongo yang berperan penting dalam mengatur atmosfer bumi.

Para ilmuwan dalam penelitian tersebut memperkirakan, sekitar 61 persen dari potensi penyerapan karbon tersebut dapat diwujudkan dengan melindungi hutan yang ada.

Baca juga: Serapan Emisi GRK Ditarget Seimbang 2030, Sektor Hutan Butuh Investasi Rp 219,66 Triliun

Sehingga, hutan-hutan yang ada dapat tumbuh menjadi ekosistem tua seperti Hutan Bialowieza di Polandia dan Belarus atau Hutan Sequoia di California, AS yang bertahan selama ribuan tahun.

Sisanya, sebesar 39 persen dapat dicapai dengan merestorasi hutan yang terfragmentasi dan kawasan yang telah ditebangi.

Di tengah kekhawatiran greenwashing seputar peran alam dalam mitigasi krisis iklim, para peneliti menggarisbawahi pentingnya keanekaragaman hayati membantu hutan mencapai potensi penyerapan karbonnya.

Para peneliti juga memperingatkan bahwa menanam satu spesies tanam dalam jumlah besar tidak akan banyak berpengaruh dalam menyerap karbon.

Di satu sisi, diperlukan juga pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) global dari pembakaran bahan bakar fosil secara cepat.

Baca juga: Pengusaha Hutan Sebut Perdagangan Karbon Indonesia Hadapi Tantangan

Kebakaran hutan

Di sisi lain, selain jumlahnya terus menyusut karena dieksploitasi, banyak hutan mengalami kebakaran yang parah.

Meningkatnya jumlah kebakaran hutan dan suhu yang lebih tinggi akibat krisis iklim kemungkinan besar akan mengurangi potensi penyerapan karbon dari hutan.

“Sebagian besar hutan di dunia mengalami degradasi parah. Faktanya, banyak orang belum pernah mengunjungi salah satu dari sedikit hutan tua yang tersisa di Bumi,” kata Lidong Mo, salah satu penulis utama studi tersebut.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com