Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2024, 09:37 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bekerja sama dengan Bakrie Center Foundation (BCF) di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di IKN Nusantara dan sekitarnya. 

Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, kolaborasi ini bertujuan utamanya untuk memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat di sekitar Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur. 

Selain itu juga memastikan bahwa manfaat dari pembangunan yang sedang berlangsung dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

Adapun fokus utama dari kerja sama ini adalah peningkatan akses dan kualitas pendidikan di Nusantara, mulai dari tingkat dasar hingga tinggi.

Selain itu, upaya juga akan diberikan dalam mendukung penelitian yang berkelanjutan dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan pengabdian, untuk memajukan kesejahteraan bersama.

Baca juga:

"Melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, kami berharap dapat memberikan kontribusi signifikan untuk menciptakan dampak positif dan merata di seluruh Nusantara," ujar Jaka saat menandatangani kesepakatan kerja sama dalam rangkaian Nusantara Fair 2024 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, dikutip dari pernyataan tertulis, Minggu (28/1/2024). 

Hal senada dikatakan Chief Executive Officer Bakrie Center Foundation Jimmy Gani yang menyampaikan harapannya terhadap kerja sama ini.

Ia mengatakan, kerja sama positif ini diharapkan bisa membawa perubahan yang berarti untuk kehidupan banyak orang, dapat menjadi langkah strategis dalam membangun keseimbangan pembangunan yang inklusif, sekaligus menggali potensi riset untuk kemajuan wilayah,

"Dan mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam proses pembangunan berkelanjutan, serta dapat memberikan peluang yang adil bagi semua," pungkasnya. 

Baca juga: IKN Nusantara Terapkan Konsep Smart Governance, Apa Artinya?

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com