Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SIG Bersama Semen Gresik Bantu Sembako dan Kebutuhan Korban Banjir

Kompas.com - 14/02/2024, 08:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Banjir yang melanda belasan ribu rumah, puluhan fasilitas pendidikan dan tempat ibadah, hingga ribuan hektare lahan pertanian di Kabupaten Grobogan dan Demak, Jawa Tengah, mengundang banyak simpati.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak akan banjir tersebut, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bersama anak usahanya PT Semen Gresik, menyalurkan bantuan paket sembako dan berbagai kebutuhan pokok lainnya.

Adapun paket sembako yang disalurkan meliputi bahan konsumsi berupa 900 kilogram beras, 220 liter minyak goreng, 102 dus mie instan, 100 kilogram gula, 122 kaleng sarden, 50 kilogram telur, 44 bungkus biskuit, 140 dus air mineral, dan 145 pcs susu UHT kemasan.

Baca juga: Meski Dekat Perumahan Elite, Harapan Mulya Masih Terbelakang, Ini Bantuan Paramadina

Sementara kebutuhan pokok lain yang juga disalurkan di antaranya, dua terpal, 100 buah selimut, 144 buah sabun mandi dan 60 pcs minyak kayu putih.

Bantuan diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan dan Demak secara bertahap mulai Kamis (8/2/2024) hingga Minggu (11/2/2024), untuk selanjutnya didistribusikan ke seluruh lokasi terdampak.

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan, pihaknya turut prihatin atas musibah banjir yang melanda wilayah Grobogan dan Demak.

Dia berharap, musibah yang terjadi tidak berlarut-larut sehingga masyarakat dapat kembali menjalankan aktivitas keseharian secara normal.

Guna meringankan beban masyarakat terdampak, SIG menyalurkan bantuan melalui program SIG Peduli.

"SIG turut merasa prihatin, atas bencana banjir bandang yang menjadi penyebab beberapa hal. Mulai dari ancaman kesehatan, krisis air bersih dan kerugian ekonomi, akibat kerusakan rumah dan fasilitas publik, hingga lumpuhnya aktivitas masyarakat," ujar Vita, dalam keterangan tertulis, Selasa (13/2/2024).

Baca juga: Bantuan Rp 343,2 Juta untuk Penyandang Disabilitas di Kepri

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Grobogan Soewignyo memberi apresiasi kepada SIG dan PT Semen Gresik, yang telah menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat terdampak banjir dengan menyalurkan bantuan berupa paket sembako dan paket kebutuhan lain.

"Kami sangat berterima kasih dengan bantuan ini. Meski tak berada di lingkup Kabupaten Grobogan, SIG berkenan jauh-jauh datang memberikan bantuan. Nantinya bantuan tersebut akan disebar ke sejumlah wilayah, yang terdampak dan membutuhkan,” kata Soewignyo.

Banjir melanda wilayah Demak dan Grobogan sejak Senin (5/2/2024), dengan menyebabkan tujuh kecamatan terdampak.

Sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis, banjir tersebut dipicu hujan dengan intensitas tinggi di wilayah hulu dan menyebabkan sepuluh tanggul di wilayah Demak jebol, sehingga air meluber ke jalan dan juga pemukiman warga di tujuh kecamatan.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com