Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2023, 19:29 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – KG Media secara resmi meluncurkan Lestari, platform yang mendukung percepatan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jumat (29/7/2023).

Lestari merupakan wujud komitmen keberlanjutan yang berisi serangkaian aksi nyata dalam mendukung akselerasi 17 agenda SDGs, melalui media-media yang tergabung di dalam jaringan KG Media.

SDGs adalah agenda PBB yang diadopsi oleh semua negara untuk mendorong perubahan-perubahan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan pembangunan sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup.

Baca juga: Lestari, Kontribusi KG Media Terhadap Isu Pembangunan Berkelanjutan

Lestari dari KG Media juga akan melakukan aksi nyata untuk meningkatkan kesadaran, mengadvokasi perubahan, serta mendukung gaya hidup lestari.

Dalam peluncuran Lestari, KG Media mengundang berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) mulai dari sektor swasta, organisasi nirlaba, serta sektor pemerintahan.

Chief Executive Officer (CEO) KG Media Andy Budiman menyampaikan, Lestari merupakan platform yang merefleksikan tujuan dari platform itu sendiri yaitu mendukung keberlajutan.

“Kita kembali lagi ke akar, (nama) lestari kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya kekal. Kalau dalam bahasa Inggris itu artinya sustainable (keberlanjutan),” kata Andy dalam sambutannya.

Baca juga: Festival Lestari Raih Komitmen Investasi Rp 340,5 Miliar untuk Perekonomian Sigi

Andy menambahkan, kelestarian bisnis, termasuk bisnis media, erat kaitannya dengan keberlanjutan ekosistem yang lebih luas lagi, yaitu kelestarian Bumi.

Jika dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi, kelestarian ekosistem juga sangat berpengaruh. Contohnya, perubahan iklim akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan negara.

“Ada riset dari Swiss Re Institute tahun 2021. Peningkatan suhu bumi di atas 2 derajat celsius akan berdampak penurunan PDB (produk domestik bruto) sebesar 17 persen terhadap negara ASEAN pada 2050,” ucap Andy.

Oleh sebab itu, gaya hidup yang menjaga kelestarian alam dan mendukung SDGs perlu untuk terus digaungkan.

Baca juga: Pengembangan Anak Usia Dini Termasuk Prioritas SDGs

Berbicara mengenai jurnalisme yang berkelanjutan, Andy menuturkan, KG Media memiliki visi mencerahkan masyarakat melalui berbagai literasi.

Akan tetapi penerimaan masyarakat juga ditentukan oleh tingkat literasi masyarakat itu sendiri. Sebab, tingkat literasi akan memengaruhi kemampuan berpikir kritis masyarakat itu sendiri.

Padahal kemampuan berpikir kritis masyarakat penting bagi bisnis jurnalisme. Jika masyarakat tidak kritis, mereka akan sulit menerima mana produk jurnalistik yang berkualitas atau sarat misinformasi.

 

Chief Corporate Affairs Engagement and Sustainability L'Oreal Indonesia Melanie Masriel menyambut baik kehadiran platform Lestari dari KG Media.

Baca juga: Riset KG Media: Gen Z Punya Peran Krusial Percepat SDGs di Indonesia

Chief Executive Officer (CEO) KG Media Andy Budiman menyampaikan sambutan dalam peluncuran platform Lestari di Menara Kompas, Jumat (28/7/2023).KOMPAS.com/DANUR LAMBANG PRISTIANDARU Chief Executive Officer (CEO) KG Media Andy Budiman menyampaikan sambutan dalam peluncuran platform Lestari di Menara Kompas, Jumat (28/7/2023).

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com