Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasok Alat Kesehatan, Siemens Healthineers Gandeng Hermina Hospital

Kompas.com - 13/06/2024, 12:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi medis asal Jerman, Siemens Healthineers mengumumkan perjanjian Value Partnership dengan Hermina Hospital Group untuk menyediakan akses ke layanan kesehatan berkualitas tinggi di Indonesia.

Value Partnership ini merupakan kolaborasi jangka panjang Hermina Hospital Group untuk memperoleh peralatan pencitraan diagnostik serta pemeliharaan penuh alat kesehatan Siemens hingga tahun 2036.

"Kemitraan ini merupakan wujud komitmen kami untuk menyediakan akses terhadap teknologi medis canggih dan memastikan perawatan terbaik bagi pasien kami," kata Vice President Director, Finance and Strategic Development, Hermina Hospital Group Yulisar Khiat, saat penandatanganan di Jakarta, Selasa (11/6/2024). 

Baca juga: TBC Tak Hanya Pengaruhi Kesehatan, Berdampak Psikologis hingga Ekonomi

Lebih lanjut, kata dia, kolaborasi strategis ini mencakup berbagai aspek, termasuk  pemeliharaan kualitas alat, pengembangan kompetensi sumber daya manusia, cost efficiency, dan lainnya.

"Kami ingin meningkatkan pelayanan kesehatan terutama kepada pasien pengguna BPJS sebanyak 70 persen di Hermina. Jadi menekan cost, tapi pelayanan optimal bagi pasien BPJS maupun non BPJS, dan dapat meningkatkan daya saing," imbuhnya. 

Sementara itu, Country Head Siemens Healthineers Indonesia, Alfred Fahringer mengatakan, kemitraan tersebut tidak hanya dari sisi peralatan kesehatan. 

"Kemitraan ini mencerminkan kolaborasi dinamis yang dirancang untuk mendorong Hermina Hospitals Group menuju era baru dalam perawatan kesehatan, melalui fasilitas terkini dan strategi yang progresif," ujar Alfred. 

Kerja sama Hermina Hospital Group dan Siemens Healthineers

Alfred menuturkan, Siemens Healthineers mendukung Hermina Hospital Group untuk mengembangkan Centre of Excellence (CoE) dan meningkatkan teknologi X-ray di seluruh jaringan rumah sakitnya di Indonesia.

"Kami akan menghadirkan teknologi inovatif dan layanan konsultasi untuk teknologi X-ray di seluruh jaringan Rumah Sakit Hermina," ujarnya.

Baca juga: Merokok Picu Masalah Kesehatan 3 Kali Lebih Parah

Perjanjian tersebut juga mencakup kontrak Managed Equipment Service (MES) untuk pengadaan teknologi pencitraan diagnostik canggih dan kontrak pemeliharaan untuk alat kesehatan Siemens di Hermina Hospital Group di Indonesia.

"Dalam hal pengembangan kompetensi sumber daya, Siemens diharapkan akan terus mendampingi tenaga kesehatan Hermina, termasuk dokter dan perawat dalam memberikan pelayanan prima atau service excellence kepada pasien-pasien kami," tutur Yulisar. 

Ia menjelaskan, salah satu bentuk pendampingan adalah melalui program-program pelatihan tenaga kesehatan Hermina dengan bantuan para ahli dari Siemens yang memiliki exposure internasional.

Hal itu, katanya, bertujuan untuk meningkatkan keahlian para tenaga kesehatan Hermina, sehingga pelayanan yang diberikan mampu bersaing dengan kualitas pelayanan asing.

"Sehingga menambah tingkat kepercayaan pasien-pasien Indonesia, dan pada akhirnya
mengurangi jumlah pasien yang berobat ke luar negeri," tambah Yulisar.

Smart hospital yang ramah lingkungan

Selain itu, value partnership juga bertujuan untuk mencapai standar internasional yang diakui secara global, yakni melalui sertifikasi Joint Commission International (JCI).

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com