Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangkit Listrik Virtual dan Perannya dalam Transisi Energi

Kompas.com - 15/08/2023, 13:12 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Masa depan pembangkit dan distribusi energi, sangat terkait erat dengan pengembangan pembangkit listrik virtual atau Virtual Power Plant (VPP).

VPP adalah solusi inovatif yang menyatukan berbagai sumber energi terdesentralisasi, seperti matahari, angin, dan sumber energi terbarukan lainnya, menjadi satu entitas virtual.

Entitas virtual ini mampu menghasilkan, menyimpan, dan mendistribusikan listrik dengan lebih efisien dan hemat biaya daripada pembangkit listrik tradisional. Hal ini menjadikannya solusi ideal untuk mendorong transisi energi dari bahan bakar fosil.

VPP sangat berbeda dengan pembangkit listrik konvensional, lebih gesit, efisien, dan hemat biaya. Pembangkit listrik virtual dapat dengan cepat merespons perubahan permintaan dan kondisi pasar, yang memungkinkan utilitas beroperasi pada tingkat optimal dengan lebih sedikit limbah dan biaya operasional yang lebih rendah.

Baca juga: Nasib Daerah Penghasil Batu Bara di Era Transisi Energi

Selain itu, VPP memiliki kemampuan untuk menambah dan mengurangi sumber daya pembangkit dengan cepat agar sesuai dengan permintaan energi saat ini, menjadikannya lebih hemat energi daripada pembangkit listrik tradisional.

Pembangkit listrik virtual juga lebih mudah dikelola karena dapat diotomatisasi dengan bantuan analitik kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Sejarah

Dalam artikelnya, Investment Professional Zhengyi Zhu menulis, bahwa pembangkit listrik virtual adalah perkembangan yang relatif baru, tetapi akarnya kembali ke awal tahun 2000-an ketika perusahaan energi menyadari perlunya cara pembangkitan dan transmisi energi yang lebih efisien.

Dengan peluncuran pertama smart meter dan kemampuan akuisisi datanya, sekarang dimungkinkan untuk membatasi beban atau memutus peralatan tertentu untuk mengurangi beban puncak dan mengatasi pemadaman listrik tanpa meningkatkan pembangkit listrik konvensional lainnya.

Baca juga: Kolaborasi Indonesia-Korsel dalam Transisi Energi

Peran VPP adalah memastikan aliran energi yang stabil dan keandalan sistem sambil meminimalkan biaya dan emisi.

VPP biasanya terdiri dari sumber energi terbarukan dan tidak terbarukan, seperti matahari, angin, gas alam, atau penyimpanan.

Sumber-sumber ini terhubung melalui serangkaian sensor, meter, dan teknologi komunikasi ke platform berbasis cloud yang menghubungkan sumber daya energi terdistribusi dan menyediakan data real-time.

Setelah data dari semua sumber yang terhubung diterima oleh platform cloud, algoritme VPP mulai bekerja.

Algoritma ini bertanggung jawab untuk memprediksi berapa banyak energi yang dibutuhkan dalam setiap jam dalam sehari berdasarkan data historis serta faktor lain seperti kondisi cuaca.

Kemudian, mulai mengoptimalkan pasokan energi dari sumber daya yang terhubung agar sesuai dengan permintaan yang diprediksi. Untuk prediksi, AI akan muncul dengan kuat.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com