Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu Indonesia 2024 di Australia Meriah, Ada Pesta Kuliner Nusantara

Kompas.com - 12/02/2024, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Warga Negara Indonesia (WNI) di Australia, merayakan pesta demokrasi akbar, Pemilu 2024 dengan suka cita dan meriah.

Bahkan, di Sydney, WNI menggelar pesta rakyat, lengkap dengan bazaar yang menyajikan kuliner khas Nusantara.

Terdapat 15.606 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Australia yang mencakup New South Wales (NSW), Queensland, dan South Australia.

Pemungutan suara serentak ini diadakan di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berbeda di ketiga negara bagian tersebut.

Di NSW, TPS didirikan di Maroubra Junction Public School (MJPS), sementara di Queensland, TPS berlokasi di Islamic College, Brisbane. Adapun di South Australia, pemungutan suara berlangsung di State Library of South Australia.

Baca juga: 16.810 Pemilih Babel Tersebar di Pulau-pulau, Logistik Pemilu Dikirim Malam Hari

Berbeda dari pemilu sebelumnya, kali ini pemungutan suara di NSW dilaksanakan di satu lokasi TPS yang luas, memungkinkan ribuan WNI hadir untuk menyalurkan hak suaranya.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Sydney, dengan dukungan berbagai organisasi masyarakat Indonesia, bertekad menjadikan Pemilu 2024 sebagai “Pesta Rakyat”.

Acara ini juga dimeriahkan dengan bazaar yang menyajikan aneka makanan dan minuman khas nusantara.

Meskipun cuaca mendung, antusiasme pemilih di NSW tetap tinggi, dengan antrian pemilih yang memadati gerbang MJPS sejak pukul 08.00 pagi.

Pemungutan suara berlangsung dari pukul 09:00 hingga 19:00, mencakup kategori Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Menjelang penutupan TPS, kesepakatan antara Saksi Parpol, Paslon, dan Panwaslu menghasilkan perpanjangan waktu pemungutan suara karena antrian panjang pemilih DPTb dan DPK.

Pembukaan Tempat Pemungut Suara Luar Negeri (TPSLN) dihadiri oleh Konjen RI Sydney Vedi Kurnia Buana, Ketua PPLN Sydney Juliati Maria Umboh, Ketua Panwaslu Sydney Endi Dharma,  Perwakilan Polri serta para saksi paslon dan parpol.

Pemungutan suara di Sydney berlangsung meriah karena dilengkapi dengan pesta rakyat yang menyajikan kuliner Nusantara dalam sebuah bazaar, Sabtu (10/2/2024).KJRI Sydney Pemungutan suara di Sydney berlangsung meriah karena dilengkapi dengan pesta rakyat yang menyajikan kuliner Nusantara dalam sebuah bazaar, Sabtu (10/2/2024).
Ketua PPLN Sydney Juliati Maria Umboh menuturkan, data partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 menunjukkan angka yang mengesankan.

Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 14.126 orang, dengan tambahan surat suara cadangan sebesar dua persen dari total DPT, yang tersebar di tiga negara bagian NSW, Queensland, dan South Australia.

"Selain itu, terdapat 1.279 pemilih dalam DPTb dan DPK," ujar Juliati kepada Kompas.com, Senin (12/2/2024).

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com