Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2024, 07:06 WIB
Farida Farhan,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - PT Pupuk Kujang mengeklaim dapat mencegah 53.000 ton karbon terbuang ke udara dalam setahun.

Caranya adalah dengan mengubah emisi karbon menjadi produk komersial sebagai komitmen penerapan prinsip industri hijau.

VP Pengembangan Pupuk Kujang Iswahyudi Mertosono menjelaskan, sebagai perusahaan yang fokus pada kelestarian lingkungan, Pupuk Kujang terus berupaya menurunkan emisi karbon.

Selain melakukan tanggung jawab kepada lingkungan dan sosial, tujuan Pupuk Kujang mereduksi karbon yaitu menghemat modal, meningkatkan inovasi, dan memanfaatkan peluang pasar.

Baca juga: Elektrifikasi Transportasi Perkotaan Kurangi Emisi GRK dan Polusi

Iswahyudi mengatakan, ada berbagai strategi yang diupayakan Pupuk Kujang. Beberapa strategi lainnya sedang dipelajari dan dihitung.

"Penerapan strategi ini telah dilakukan dan berdampak positif bagi lingkungan sekaligus bisnis perusahaan," ujar Iswahyudi kepada Kompas.com, Selasa (28/5/2024).

Iswahyudi menambahkan, Departemen Pengembangan Pupuk Kujang terus merancang strategi dan melakukan berbagai upaya untuk menurunkan karbon.

Sebagai perusahaan petrokimia, Pupuk Kujang menghasilkan emisi karbon dalam proses produksinya.

“Kami upayakan mengurangi emisi itu terbuang ke udara. Kita tangkap dan manfaatkan menjadi produk yang bernilai. Punya manfaat bagi kehidupan juga bernilai ekonomi bagi perusahaan,” tutur Iswahyudi.

Baca juga: Keputusan Pengadilan Maritim PBB: Emisi Karbon Jadi Polusi Lautan

Adapun langkah yang telah dilakukan saat ini yaitu membuat dua pabrik. Pabrik pertama adalah pabrik CO2 cair, pabrik kedua yakni pabrik dry ice atau es kering.

Kedua pabrik itu berdiri di area produksi Pupuk Kujang di Kawasan Industri Kujang Cikampek.

“Jika digabungkan, pabrik CO2 dan dry ice Pupuk Kujang bisa mencegah 53.000 ton karbon terbuang ke udara,” ujar Iswahyudi.

Rinciannya, pabrik CO2 cair dibangun pada tahun 2019 dan beroperasi secara komersial pada 2020. Melalui pabrik itu, karbon dioksida ditangkap dan diolah menjadi produk cair atau dikenal sebagai CO2 cair.

Pabrik kemudian mengolah karbon dioksida menjadi produk setiap hari. Dalam setahun, pabrik itu bisa menghasilkan 50.000 ton karbon dioksida cair dengan kemurnian mencapai 99,9 persen.

Baca juga: Uni Eropa Sahkan Aturan Pangkas 90 Persen Emisi Kendaraan Berat

“Melalui pabrik itu kami bisa mencegah 50.000 ton karbon dioksida cair terbuang ke udara dalam setahun. Sementara ini, pabrik karbon dioksida cair Pupuk Kujang menjadi pabrik penghasil CO2 cair terbesar di Indonesia,” kata Iswahyudi.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com